Kamis, 18 November 2010

The Surf's Home - Batukaras Beach

Surfing Time
Selain obyek wisata Grand Canyon, Pangandaran yang masih masuk kabupaten Ciamis  Jawa Barat ini ternyata memiliki banyak pantai yang indah salah satunya Pantai Batukaras. Tapi sayang kepopuleran pantai batukaras kurang dan masih jarang terdengar tertutup dengan keindahan Grand Canyon yang terkenal dengan warna air sungai yang kehijauan, serta keunikan guanya.  

Transportasi menuju Pantai Batu Karas tidaklah sulit, ada beberapa alternatif bisa naik bus tiger maksudnya tiga perempat dari terminal pangandaran, ambil jurusan cijulang-batukaras, setelah sampai di cijulang kita bisa naik ojek ke batu karas, atau lebih gampang  sewa angkot sekitar Rp 250 ribu pp, dan jika bukan solo traveler ongkosnya bisa sharing dan lebih ringan... dasar gak mau rugi..he...he...he.... 

Suasana Pantai Batukaras
Dari pantai-pantai yang ada di daerah pangandaran pantai batukaras memiliki keunikan tersendiri. Selain pasir yang cenderung gelap karena mengandung vulkanik, dan meskipun berwarna hitam pasirnya bersih. Pantai ini tidak begitu lebar dibanding yang lainnya karena dikanan dan kiri pantai diapit tebing. Banyak turis asing yang lebih memilih berkunjung ke pantai ini untuk berjemur dan yang paling menarik adalah pantai batukaras ini digunakan untuk tempat berselancar. Memang sich ombaknya tidak sebesar pantai sawarna - banten, tapi tidak mengurangi minat pengemar selancar baik yang muda , dan tua untuk berselancar disana. 

Pos Penjaga Pantai
Hanya bermodal tikar dan nasi kotak, kita bisa menikmati keindahan pantai batukaras sambil melihat para peselancar sedang bertarung mengalahkan ombak, atau kalau gak mau ribet bisa pesan mie rebus dan kelapa muda, asik serasa seperti Anak Pantai.  Jangan takut disekitar pantai mulai banyak berdiri warung dan penginapan meskipun pada tahun 2006 wilayah pantai batukaras luluh lantak diterjang tsunami. 

Gak usah kuatir tentang keselamatan selama berkunjung ke sana. Penjaga pantai selalu memantau dan memberi peringatan jika ada pengunjung yang melampaui batas berenang atau ada bahaya. Selain disewakan alat selancar kita juga bisa bermain banana boat lumayan untuk menguji adrenalin.

Pemandangan dari atas bukit

Atau kalau sudah bosen kita bisa tracking ke atas bukit sambil melihat keindahan pantai batukaras dari atas bukit. Keren abis apalagi saat buih-buih ombak membentur dinding tebing saat itu saya tidak bisa membayangkan sebesar apa ombak tsunami sehingga bisa memakan korban yang tidak sedikit.
Berlatih

Setelah puas bertracking ria saya kembali menikmati  keindahan pantai batukaras, mata saya tertuju pada peselancar muda yang sedang giat berlatih.  Betapa hebatnya dia hanya bertumpu di papan dengan menjaga keseimbangan badan, dapat berdiri diatas ombak keren euy. Berkali-kali dia memamerkan keahliannya dipapan selancar, bagus juga sebagai salah satu hiburan dari pada bengong, gratis lagi....Kalau saya
boro-boro...udah keder duluan...takuuuut. ..ha..ha...ha..
a young surf


Dari penjaga banana boat saya mendapat informasi bahwa pantai batukaras merupakan salah satu pantai surfing terbaik di Pulau Jawa. Ombaknya cukup terkenal di kalangan para peselancar. Keberadaan tebing di sebelah kanan pantai, menciptakan jalur ombak yang panjang sehingga cocok untuk berselancar. Karena ombaknya yang tidak begitu ganas membuat para peselancar pemula menggemari Batukaras sebagai tempat mengasah kemampuan berselancar.




Sebagai bahan informasi harga sewa (masih bisa di nego): 
banana boat : Rp. 45.000 perorang
Papan Selancar : Rp. 75.000 per Orang
Surf Lesson : Rp. 150.000 per Jam
Ban Berenang : Rp. 5.000 s/d Rp. 10.000 (tergantung ukuran ban)

Makanya gak salah kalau para selancar menyebut Pantai Batukaras sebagai rumahnya para selancar pemula "The Surf's Home untuk info hub di.085 223 097 666

Tidak ada komentar:

Posting Komentar